Hello

Minggu, 27 November 2011

Sukses dalam Bisnis Online

Pemanfaatan internet di Indonesia mulai mengalamai perubahan. Dari yang hanya digunakan untuk hiburan, sekarang internet menjadi sarana untuk mendapatkan penghasilan. Kemajuan teknologi yang semakin murah dan mudah ini membuat internet disinggahi oleh semua elemen masyarakat. Hal inilah yang menciptakan peluang bisnis yang sangat besar.

Dalam 5 tahun terakhir, perkembangan bisnis online di Indonesia sangat luar biasa. Saat ini hampir semua pengguna facebook dan twitter melakukan transaksi online. Account facebook dan twitter menjadi toko online mereka. Tidak perlu membuat web atau blog, cukup dengan account facebook anad sudah dapat berjualan online, minimal ke teman-teman anda.

Bisnis Online adalah bisnis yang dijalankan secara online atau melalui internet. Bisnis Online banyak macamnya sebagaimana bisnis yang kita kenal selama ini. Tapi secara umum Bisnis Online dibagi menjadi 3 jalur yaitu Bisnis Penjualan/Jasa, Pemasaran dan Periklanan. 

Jumlah pedagang di internet sekarang mungkin jumlahnya sudah jutaan. Hal inilah yang membuat persaingan menjadi lebih ketat. Oleh sebab itu, kita harus melakukan strategi marketing yang tepat agar dapat menang dalam persaingan. Berikut ini starategi marketingnya.
  1. Positioning dalam berbisnis sangat diperlukan agar tidak sama dengan yang lain. Jadikan produk anda berkarakteristik. Karena jika anda mencoba untuk meniru konsep orang lain maka dapat dipastikan anda tidak akan menjadi no.1 dibidangnya.
  2. Kualitas dari produk anda sangat menentukan dalam persaingan. yang tenntunya harus disesuaikan dengan harga penjualan.
  3. Tentukan target market anda. Pilihlah pasar yang spesifik namun cukup besar. Dengan cara ini anda dapat lebih fokus dalam memasarkan kaos anda.
  4. Promosikan produk anda di social media dan forum jual beli. Berikan informasi menarik dan menghibur dengan memperlihatkan foto produk anda.
  5. Buatlah merk anda sendiri. Merek akan membuat produk anda menjadi dikenal dan unik.
  6. Pelayanan terhadap costumer. Jika anda sudah mempunyai pelanggan, berikanlah layanan terbaik. Mulai dari sales order sampai dengan after sales services. Jangan merusak kepercayaan pelanggan dengan telatnya pengiriman, cacat barang, dan hal - hal lainnya sehingga reputasi anda akan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar