Hello

Senin, 05 Desember 2011

Kegunaan Root pada Android


Seiring pesatnya perkembangan teknologi, smartphone Android mulai mendunia. Fitur yang baik dan banyak aplikasi gratis, membuat smartphone ini menjadi kian diminati banyak orang. Sebenarnya, android memiliki keunggulan lain yaitu root android. Banyak pengguna android yang belum tau apa itu root atau sudah tau tetapi takut untuk mencobanya. Oleh karena itu saya akan mencoba menjelaskan apa itu root? apa kegunaan root?

Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Pada intinya, root membuat kita menjadi superuser yang memiliki akses penuh terhadap HP kita sendiri seolah - olah kita sebagai developer HP tersebut.
 
Ada juga istilah lain seperti locked bootloader dan unlocked bootloader, bootloader itu bila di unlock, akan lebih membebaskan User android dalam melakukan modifikasi terhadap HP nya, User jadi bisa mengubah - ubah ROM sesuka hati, dibandingkan HP yang masih locked bootloadernya.

Mungkin selama ini ada yang bilang jika kita melakukan root pada HP kita, maka garansi kan hilang. Hal ini tidak perlu ditakutkan karena HP yang sudah di root dapat dikembalikan seperti semula dan root tidak akan merusak HP anda. Maka jangan takut untuk mencobanya.

Beberapa kegunaan root pada android :
1. Akses yang tak terbatas terhadap system Android
2. Instalasi aplikasi di memory card dan install aplikasi yang butuh root pastinya
3. Un-install aplikasi-aplikasi bawaan vendor
4. Backup App+System
5. Instalasi ROM custom
6. Akses terhadap file-file sistem Android secara penuh
7. Overclock processor yang secara keseluruhan meningkatkan performa (tapi membuat  konsumsi baterai jadi lebih boros).



Contoh aplikasi yang membutuhkan root.
a. A2SDGUI : digunakan untuk menambah memori internal handphone. Dengan A2SDGUI ini, yang memanfaatkan microSD sebagai memori internal tambahan. Tapi untuk menggunakan app ini, tidak sembarangan! Ada petunjuk dan caranya.
b. AdFree : digunakan untuk menghilangkan iklan2 yang ada di suatu aplikasi, terutama app2 yang FREE.
c. Battery Calibrator : digunakan untuk kalibrasi baterai. Jika baterai dirasa terlalu cepat habis / boros, dengan memakai app inimemperlama waktu batterai . Pastinya dengan penggunaan yang sama (normal seperti pemakaian biasanya).
d. Better Terminal Emulator : digunakan untuk melakukan perintah-perintah teks (command line / cmd kayak di windows). Bagi pengguna linux, tidak akan asing karena perintah-perintahnya sama.
e. Font Changer : digunakan untuk mengganti font standar dengan macam-macam font lainnya
f. Titanium Backup : digunakan untuk melakukan backup applikasi.



Sebenarnya masih banyak lainnya manfaat untuk root, hanya saja sekarang sudah ada fiturnya dalam OS Android 2.3 gingerbread yang sudah cukup lengkap, seperti Wifi tethering, multitouch, dan lain-lain. Jadi root akan lebih terasa pada Android 2.1 kebawah. 



Peringatan : Jangan mencoba menginstall aplikasi yang membutuhkan root. Bila HP anda belum di root terkadang akan terjadi gangguan seperti force close dan boot looping(restart terus menerus).

1 komentar: