Hello

Rabu, 21 Desember 2011

Kelebihan dan Kekurangan Search Engine

Pada dasarnya semua search engine memiliki prinsip yang sama, hanya saja ada beberepa faktor yang membedaknnya. Contohnya penggunaan SEO pada search engine. Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas SEO.

Pengertian Optimisasi Mesin Pencari alias Search Engine Optimization “ SEO “ adalah suatu proses yang terjadi secara sistemmatis yang memiliki tujuan sebagai Cara Meningkatkan Volume dan Kualitas Trafik Kunjungan Sebuah Situs atau Website melalui Mesin Pencari dengan Memanfaatkan Sistem Mekanisme Kerja Mesin Pencari atau Alogaritma Mesin Pencari yang Ada.

Dan Tujuan dari SEO adalah Sebagai Penempatan Sebuah Situs Atau Website Pada Posisi Index Teratas, setidaknya Halaman Pertama Hasil Pencarian yang Berdasarkan Kata Kunci Tertentu yang ditarget Oleh Situs atau Website tersebut, dengan Cara Seperti itu “ SEO “ Situs atau Website akan dapat memiliki Peluang Besar dalam Mendapatkan Visitor ( Pengunjung ).

Dengan Perkembangannya Pemanfaatan Suatu Jaringan Internet sebagai Media Informasi atau Media Bisnis, Kebutuhan Tips dan Trik Penggunaan SEO juga semakin Meningkat. Karena Siapa pun Pemilik Situs Atau Website pasti ingin sekali Mentargetkan Situsnya untuk berada di Posisi Teratas atau Minimalnya Halam Pertama Sebuah Search Engine,,,Mengapa ? Karena Sudah pasti jika Pemilik Situs Atau website ini Memiliki Tujuan Bisnis bukan Sekedar Situs Informasi pasti dapat Memiliki Penghasilan dari Setiap Visitor yang akan Datang Ke Situs Tersebut. Dan Tidak semua Orang Memahami Teknik Memanfaatkan SEO dalam Optimisasi Sebuah Situs menyebabkan Banyak Pula Peluang Jasa Optimisasi SEO untuk Sebuah Situs.


Contoh perbedaan yang lebih jelas yaitu Yahoo! Dan MSN menganggap on-page keyword sangat penting sementara Google menganggap link adalah yang terpenting. Seperti wine, Google menganggap, semakin lama semakin bagus,sementara Yahoo! Biasanya mengabaikannya. Sehingga anda perlu lebih banyak waktu untuk membuat web anda tampil di halaman depan Google daripada Yahoo!.

Berikut macam-macam search engine populer.

1. Bing

Bing merupakan mesin pencari (search engine) website buuatan Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2. Images untuk pencarian gambar.
3. News untuk pencarian berita.
4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

Kelebihan:

1. Mempunyai fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban.

2. Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail. Apabila pengguna melakukan pencarian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.

3. Kotak detail pada link hasil pencarian. Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut

4. Gambar latar belakang yang variatif (berganti-ganti).

5. Fasilitas Instant Answer adalah kemampuan yang dimilikinya dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan bahkan sampai ke hal-hal yang yang berkaitan dengan persoalan di bidang matematika atau hitungan.

6. Tampilan Bing Maps yang lebih interaktif


Kekurangan :

1. Fiturnya kurang lengkap


2. Hasil pencarian yang kurang luas


3. Yang masih berstatus beta kemungkinan besar masih memiliki bug di dalamnya.


2. Google

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

Kelebihan
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.

2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.

3. Tampilan yang sederhana.

4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.

5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

Kekurangan:

1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

2. filter pencariannya terkadang langsung menuju hal yang private seperti Database, dan kadang kita mendengar google hacking, yaitu mencari data-data privacy.

3. Yahoo!

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.

Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.

Pada bulan Maret 1995, Yahoo pun mengadakan kerja sama bisnis dengan para Pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley. Kemudian, mereka pun menjalin kerja sama dengan Sequa Capital, sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi termasuk Apple Komputer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems. Mereka setuju untuk mendanai Yahoo dengan investasi awal mendekati $2 juta. Karena realisasi perusahaan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yang cepat, Jerry Yang dan David mulai membangun sebuah tim manajemen. Mereka merekrut seorang veteran Motorola dan alumni jurusan Teknik Stanford bernama Tim Koogle sebagai chief executive officer dan Jeffry Mallet seorang Pendiri Novell's Divisi konsumen WordPerpectsebagai chief operating officer. Mereka berhasil menyelamatkan perputaran pendanaan yang kedua pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd. dan Softbank. Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang. Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam web, www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis. Yahoo! adalah brand internet global pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya. Perusahaan membangun pula bisnis online dengan perusahaan jasa yang mendesain produktivitas dan web untuk klien-kliennya. Jasa mendesain termasuk dalam kerjasama. Yahoo!, sebuah kustomisasi solusi untuk perusahaan ; audio dan video streaming ; toko hosting dan manajemen ; dan jasa serta perlengkapan website. Jaringan perusahaan web global termasuk dalam 25 world properties. Dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, Yahoo! pun telah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Kelebihan :

1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.

2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.

3. Fiturnya yang komplit.

4. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

Kekurangan:

1. loadingnya membutuhkan waktu yang lama

2. tampilan terlalu maximalis

Kesimpulan

1. Search engine
Lebih baik google karena lebih cepat dan meta katanya lebih lengkap. Sehingga kalau kita salah ketik masih dapat menemukan yang dimaksud.

2. Mail
lebih bagus yahoo. Karena kotak masuknya unlimited alias tidak terbatas sehingga berapapun email yang masuk tidak akan terhapus.

3. Messenger
Lebih baik yahoo. Kalau di indonesia mungkin jika 100 orang menggunakan messenger maka 85 orang menggunakan yahoo.

4. Popularitas
Lebih bagus google. Fiturnya lengkap dan paling populer adalah google search.

5. Kualitas
Lebih bagus google. Karena halamannya simple dan bandwithnya kecil. Mungkin google search perlu waktu 1 detik mencari kalau yahoo 1,5 detik.

6. Fitur
Lebih banyak yahoo! Di yahoo terdapat yahoo answers yang tidak dimiliki google. Ada juga yahoo avatar dan masih banyak lagi.

Sampai saat ini google lebih unggul dibanding para pesaingnya yaitu yahoo dan bing. Baik dari segi kecepetan, fitur, dan keakuratan searchingnya. Namun, pesaing lainnya tidak bisa diremehkan seperti Yahoo search yang awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku). Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima sejumlah 80 juta pengunjung setiap bulan (sensus tahun 2000).

Perseteruan diantara  search engine (mesin pencari) ini ternyata telah menarik perhatiaan seseorang salah satunya adalah bernama Domagoi Pavlesic. Hingga dia memiliki ide untuk menggabungkan (mengakomodasikan) kedua search engine tersebut dalam satu situs layanan pencarian yang diberi nama bing vs google. Bing vs Google yang beralamat di http://bing-vs-google.com menggabungkan hasil pencariaan dari kedua search engine ini (bing dan google) dalam dua frame yang berdampingan dalam satu halaman/page.


Referensi : http://zaoldyeck.hyperphp.com/index.php?view=article&id=52:perbandingan-search-engine

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar