Hello

Rabu, 21 Desember 2011

Cara Membuat Alert Selamat Datang dan Sleep Mode pada Blog

Penggunaan javascript pada blog sering digunakan para blogger. Sifatnya yang interpreter dan membuat blog menjadi lebih interaktif pada setiap orang yang mengunjunginya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas penggunaan javascript untuk memunculkan alert selamat datang dan sleep mode pada blog.

1. Membuat Alert Selamat Datang 

Tips yang pertama ini menjadikan blog kita ketika dibuka atau di tutup akan muncul pop up berisi komen. Bagi yang menggunakan blogspot sebagai enginenya silahkan masuk ke Dashboard lalu pilih Layout selanjutnya pilih page elemen untuk diblogspot saya sarankan digabung dengan gadget lain.

Pada Javascript terdapat fungsi alert(), fungsi ini merupakan fungsi yang digunakan untuk menampilkan kotak dialog. Penggunaan fungsi alert ini cukup mudah berikut adalah syntaxnya:

alert ("teks yang akan ditampilkan disini");

Untuk memasangnya pada website bisa kita sisipkan dimanapun tergantung kebutuhan. Contohnya untuk membuat sambutan "Selamat Datang" pada saat web dibuka kita bisa sisipkan fungsi alert tersebut pada tag dengan atribut onLoad, jadinya seperti ini :



onLoad sendiri artinya saat diload atau saat halaman web dibuka. Ada lagi atribut saat halaman ditutup, yaitu atribut onUnLoad. Misal kita menginginkan muncul alert "Terima Kasih" saat halaman ditutup maka sisipkan saja fungsi alert pada body dengan atribut onUnLoad. seperti ini :



Atau anda juga bisa memasang keduanya sekaligus, jadi saat halaman dibuka muncul alert "Selamat Datang", sedangkan saat halaman ditutup muncul alert "Terima Kasih". Seperti ini :

 



2. Membuat sleep mode pada blog

Tips yang kedua ini bertujuan untuk menghemat energi pada pemakaian listrik anda. Javascript ini berfungsi jika dalam 100 detik tidak menggerakkan mouse dan tidak menggunakan keyboard maka komputer anda akan berada pada sleep mode. Simpan syntax berikut pada header blog anda.


     










Tidak ada komentar:

Posting Komentar